Mitos Larangan bagi Wanita Hamil dan Faktanya!!!

y

Mitos Larangan bagi Wanita Hamil dan Faktanya
Mitos seputar larangan bagi ibu hamil memang banyak beredar, mulai dari sifatnya ilmiah hingga yang berbau mistis atau klenik, pasta kita sering dengar mitos yang menyebutkan bahwa wanita hamil dilarang menyiksa binatang atau membunuh binatang karena bisa menyebabkan anaknya lahir cacat atau menyerupai binatang yang dibunuh, hal tersebut sudah terpatri dalam benak masyarakat namun lebih ke arah mistis. Berikut mitos larangan bagi ibu hamil dan faktanya:
1. Mitos wanita hamil muda dilarang melakukan hubungan intim
Hal ini untuk menghindari kontak tubuh yang mengakibatkan guncangan pada rahim yang bisa mengakibatkan keguguran. Ada baiknya terutama bila aktivitas tersebut membuat sang ibu merasa tidak nyaman atau sakit. Terutama bila si isteri ditindih oleh suami. Namun hal ini sepertinya hanya berlaku pada trisemester pertama alias hamil muda sedangkan untuk trisemester akhir justru disarankan oleh dokter kandungan melakukan hubungan suami istri agar melancarkan jalan lahir.
2. Mitos wanita hamil dilarang berolah raga berat
Ibu hamil justru disarankan agar melakukan olahraga ringan, karena jika hanya tidur maka akan berdampak buruk pada kesehatan.
Aktivitas bersih-bersih rumah tetap baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil asalkan porsinya tidak terlalu berat, yang dilarang adalah olahraga yang berat.
3. Mitos wanita hamil dilarang makan ikan
Mitos ini jelas sangat keliru, ikan mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan dan juga kaya akan Omega 3 terutama ikan lau yang baik untuk kecerdasan bayi.
4. Mitos wanita hamil tidak boleh keluar malam, karena banyak roh jahat yang akan mengganggu janin
Secara psikologis, ibu hamil mentalnya sensitif dan mudah takut sehingga pada malam hari tidak dianjurkan bepergian. Secara medis kondisi ibu dan janin bisa terancam karena udara malam kurang bersahabat disebabkan banyak mengendapkan karbon dioksida (CO2).
5. Mitos wanita hamil dilarang melilitkan handuk di leher agar anak yang dikandungnya tak terlilit tali pusar
Sebenarnya tak ada kaitan antara handuk di leher dengan bayi yang berada di rahim. Secara medis, hiperaktivitas gerakan bayi, diduga dapat menyebabkan lilitan tali pusat karena ibunya terlalu aktif.
6. Mitos wanita hamil tidak boleh benci terhadap seseorang secara berlebihan, nanti anaknya jadi mirip seperti orang yang dibenci tersebut
Sebenarnya mitos ini bertujuan supaya ibu yang sedang hamil dapat menjaga batinnya agar tidak membenci seseorang berlebihan.
7. Mitos wanita hamil tidak boleh makan pisang yang dempet, nanti anaknya jadi kembar siam
Secara medis-biologis, lahirnya anak kembar dempet/kembar siam tidak dipengaruhi oleh makanan pisang dempet yang dimakan oleh ibu hamil. Jelas ini hanyalah sebuat mitos.
Mitos-mitos diatas hingga kini masih berlaku di masyarakat kita, jika ada yang mempunyai mitos seputar larangan untuk wanita hamil didaerahnya, mari kita beri penjelasan sesuai dengan yang kita tahu.

3 comments on “Mitos Larangan bagi Wanita Hamil dan Faktanya!!!

Tinggalkan komentar