Anda Mengalami Rematik!!!

rematik

Apa faktor penyebab penyebab rematik yang sering terjadi ? faktor penyebab yang kerap kali mempengaruhi timbulnya rematik adalah faktor makanan seperti halnya terlalu banyak mengkonsumsi daging atu jeroan dapat mencetuskan rematik gout. Memang dianjurkan pola hidup sehat seperti mengurangi makanan berlemak tinggi, protein hewani bagi yang kelebihan asam urat, garam bagi yang mengalami hipertensi, gula bagi yang menderita diabetes. Disamping itu, buang kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol. Tentunya perlu ditunjang dengan gaya hudup aktif berolah raga, juga hindari stres yang berlebihan.
Bagaiman cara mengatasi rematik ?
Tips Meringankan Nyeri Rematik
Nyeri akibat rematik memang sangat mengganggu. Selain rasa sakit yang mengganggu, aktivitas pun menjadi terganggu. Nah, bagaimanakah cara meringankan nyeri akibat rematik? Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda coba.

1. Senam Rematik
Senam rematik dapat membantu memperbaiki kelenturan, kekuatan, daya tahan, dan kebugaran tubuh. Anda dapat berenang, berjalan santai, serta melakukan senam ringan (terutama untuk bagian leher, tulang belakang, bahu, siku, tangan, jari-jari, panggul, lutut, dan kaki).
2. Beristirahat
Istirahat sangat penting untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak pada persendian. Anda dapat membalut bagian yang sakit agar tidak berbenturan pada saat Anda tidur. Namun pada saat tidak beristirahat, jangan membalut bagian tersebut melainkan gerakkan bagian tersebut dengan aktif.
3. Peregangan Otot
Peregangan otot dapat membantu mengatasi rasa nyeri, menghilangkan ketegangan otot, dan memperbaiki gangguan tidur. Untuk itu, lakukan peregangan otot selama 20 menit selama 4-5 kali setiap minggu.
4. Kompres Hangat atau Dingin
Mengkompres bagian yang nyeri akan menghambat pengiriman sinyal nyeri ke pusat syaraf sehingga rasa nyeri yang dirasakan dapat berkurang. Anda dapat mengompres bagian yang nyeri dengan menggunakan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat atau handuk yang berisi potongan es selama 10-20 menit.
5. Pijat
Pijat ringan di sekitar sendi yang sakit dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Demikian Cara Menyembuhkan Penyakit Rematik. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 comments on “Anda Mengalami Rematik!!!

Tinggalkan komentar